slide

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.

Jumat, 13 April 2012

Sepercik Kisah PMII


Apa yang kamu ketahui tentang PMII? Yang jelas bukan “Palang Merah Indonesia Indah” seperti yang dikatakan kebanyakkan orang atau sejenisnya, ya?? PMII adalah kependekkan dari “Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia”. Daripada susah nyebut namanya yang begitu panjang, enakkan nyebut PMII, kan? Sebelum terbentuk kesepakatan memploklamirkan nama “PMII” di Balai Pemuda Surabaya, sebernanya ada usulan-usulan yang muncul dari beberapa delegasi mahasiswa Nahdliyin pada saat konferensi besar IPNU (Ikatan Mahasiswa Nahdatul Ulama) pada tanggal 14-17 Maret di Kaliurang Yogyakarta, lho.
Mengenai nama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu sendiri adalah usulan dari delegasi Bandung dan Surabaya yang mendapatkan dukungan dari delegasi  Surakarta. Adapun tawaran-tawaran nama sebelum diputuskan nama PMII adalah Perhimpunan Mahasiswa Ahlusunnah Wal Jama’ah dan nama Perhimpunan Mahasiswa Sunni, usulan dari Jakarta. Kemudian juga ada Ikatan Mahasiswa Nahdatul Ulama’ (IMANU) oleh delegasi Jakarta.
Dalam konferensi itu lahirlah keputusan “Perlunya didirikan suatu organisasi mahasiswa secara khusus bagi mahasiswa Nahdliyin”. Mengapa organisasi ini didirikan? Ya, karena pada pertarungan politik 1955, Nahdatul Ulama menjadi salah satu partai besar di Indonesia. Pilihan NU untuk masuk dalam dunia perpolitikan, kerena terjadi suatu gejolak pada pemuda-pemuda NU untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat NU. Sebagai partai besar yang tentunya membutuhkan banyak kader, NU seringkali harus memberikan jabatan dan kedudukan eksekutif kepada orang-orang di luar NU, karena lemahnya SDM di internal NU. Maka dari itu, dibutuhkan kader partai NU dari generasi muda Nahdliyin yang berpendidikan hingga Perguruan Tinggi.
Mengapa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia? Pergerakan adalah dinamika dari hamba yang senantiasa bergerak menuju tujuan idealnya, yaitu memberi rahmat bagi alam sekitarnya. Mahasiswa yang dimaksud dalam PMII adalah golongan generasi muda yag menuntut ilmu di Perguruan tinggi yang mempunyai identitas diri. Identitas diri mahasiswa terbangun oleh cita diri sebagi insan religius, akademis, sosial, dan mandiri. Islam adalah agama yang dipahami dengan paradigma Ahlusunnah Wal Jama’ah dimana pendekatan terhadap agama Islam dilakukan secara proporsional antara iman, islam, dan ihsan. Indonesia dalam PMII adalah masyarakat bangsa dan negara yang mempunyai falsafah ideologi bangsa serta UUD 1945.
Nah, demikian tadi Sepercik Kisah PMII. Terima kasih buat kamu yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel yang sangat jauh dari kesempurnaan ini. Sampai jumpa lagi dengan penulis di edisi berikutnya. Bye. Bye . ***Ari***

0 komentar:

Posting Komentar